Fungsi WDS pada Access Point

Pada beberapa hari yang lalu kepala sekolah di tempatku mengajar memintaku untuk meng- koneksikan asrama para biarawati untuk dapat mengakses internet. Jarak memang tidak jauh hanya sekitar 50 meter tapi sayang dipisah oleh jalan, sehingga jika dipasang kabel LAN akan sangat rawan putus. Oleh karena itu pilihan yang tepat adalah memasang Akses Point.
Di sekolah sendiri sudah ada 2 akses point yang berfungsi sebagai pemancar saja. Jika menggunakan yang sudah ada akan merubah posisi. Setelah berpikir dan tanya sana-sini, akhinrya kubeli dua buah wifi TP-link 2.4GHz High Power Wireless Outdoor CPE TL-WA521OG. Type ini memiliki fungsi sebagai client, internet sharing, wireless surveillance.
Coba sana-sini dengan membaca langsung setingannya, ternyata AP ini dapat digunakan pemancar sekaligus menerima. Maka dari dua AP baru tersebut yang satu aku jadikan repeater untuk menerima frekuensi dan memancarkan dari AP yang lama, yaitu dengan memasukkan mac address AP yang lama tadi. Sedangkan yang satunya lagi aku jadikan Client dengan memilih mode WDS (wireless distribution system). Mode WDS adalah mode dimana AP dapat dikoneksikan dengan banyak AP. Interconection gitu maksudnya. Wah akhirnya jadi deh.. Ini coba perhatikan screen shootnya:


3 komentar:

maz adiek kedua AP itu modemya sama atau beda...?

mas keduanya itu pake AP ya?tros yang AP yg client bedanya diseting jadi client sama repeater apa mas?

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites